BROMTIMOL BIRU PDF

0 Comments

Alat dan Bahan Alat: pisau lumpang tumbukan pipet plat tetes Larutan pH 1 – 12 Metil orange Metil merah Bromtimol biru Phenolphthalein Indikator universal. Suatu indikator universal biasanya terdiri dari air, 1-propanol, garam natrium fenolftalein, natrium hidroksida, metil merah, garam mononatrium bromotimol biru. Penentuan pH air Indikator metil orange Indikator brom timol biru Indikator fenolftalein. Image of page 1. Info icon This preview has intentionally blurred sections.

Author: Zull Kisida
Country: Great Britain
Language: English (Spanish)
Genre: Life
Published (Last): 26 January 2009
Pages: 98
PDF File Size: 16.53 Mb
ePub File Size: 18.57 Mb
ISBN: 687-1-44191-899-3
Downloads: 63855
Price: Free* [*Free Regsitration Required]
Uploader: Akisida

Hasil uji indol yang diperoleh negatif karena tidak terbentuk lapisan cincin berwarna merah muda pada permukaan biakan, artinya bakteri ini tidak membentuk indol dari tryptopan sebagai sumber carbon, yang dapat diketahui dengan menambahkan larutan kovacs.

Indikator universal

Bacillus subtillis tidak dapat membentuk indol pada medium triptofan, mereduksi nitrat, dan pada medium susu dapat melakukan fermentasi dan peptonasi Breeds, Bakteri yang memiliki kemampuan memecah H2O2 dengan enzim katalase maka segera membentuk suatu sistem pertahanan dari toksik H2O2 yang dihasilkannya sendiri.

Dari uji juga terlihat ada warna hitam, yang berarti bakteri ini menghasilkan Hidrogen Sulfit H 2 S Anonim, d. Menurut Robert, dkkEscherichia coli menunjukan terjadi peptonisasi dengan terbentuknya endapan bening dibagian dasarnya dan Bacillus subtilis menunjukkan terjadi peptonisasi dan fermentasi secara bersama-sama sehingga terjadi lapisan dan tidak terdapat whey. Bakteri katalase positif akan memecah H2O2 menjadi H2O dan O2 dimana brromtimol yang menunjukkan adanya aktivitas katalase tersebut adalah adanya gelembung-gelembung oksigen seperti pada percobaan yang telah dilakukan.

Oleh karena itu, komponen ini harus dipecah agar tidak bersifat toksik lagi. Beberapa enzim bekerja bersama suatu kofaktor non protein, yang dapat berupa senyawa bromtmiol maupun anorganik Lehninger, Pada medium sukrosa padat, Escherichia coli tidak terjadi perubahan warna tetapi hasilnya positif karena terbentuk gas dari tabung durham, sedangkan pada Bacillus subtilis warna akhir medium menjadi kuning dan hasilnyapun positif. Uji kasein bertujuan untuk mendeteksi adanya pembentukan asam bakteri yang disebabkan oleh aktivitas bakteri yang bersifat mesofilik.

Related Posts  ARCHIBALD SCOTT COUPER PDF

Enzim merupakan biokatalis yang berfungsi untuk membantu proses metabolisme. Pada percobaan ini hasil yang ditunjukkan adalah positif.

Biakan digoreskan pada petridish agar sel rata dan tidak bertumpuk. Hal ini menunjukkan bahwa bakteri E.

Bright-Eyed

Bromti,ol sejumlah kol merah yang masih segar. Sedangkan bakteri seperti E. Pada peptonisasi reaksi medium menjadi basa sehingga warna indikator misalnya bromokresol purpule ungu terang. Teteskan ekstrak mahkota bunga ke dalam: Suatu indikator universal biasanya terdiri dari air, 1-propanolgaram natrium fenolftaleinbromtlmol hidroksida, metil merahgaram mononatrium bromotimol birudan garam mononatrium timol biru.

Terbentuknya indol disebabkan oleh tryptophan teroksidasi oleh proses enzimatik oleh enzim tryptophanase. Jenis karbohidrat yang digunakan pada uji fermentasi karbohidrat antara lain: Pengujian biokimia selanjutnya adalah mengenai kemampuan B. Hal ini mungkin dikarenakan adanya kontaminasi dari bakteri lain yang mampu melakukan fermentasi pada medium glukosa.

Aktivtas enzim protiolitik akan memecah protein dan merusak stabilitas kasein.

Beberapa bakteri diantaranya memproduksi katalase lebih banyak daripada yang lain. Bakteri katalase negatif tidak memiliki enzim katalase yang menguraikan H2O2. Who is online Users browsing this forum: Pada peptonisasi sempurna endapannya terkumpul dibawah dan kemudian cairan susu menjadi jernih. Bakteri Eschericia coli dan Bacillus subtilis positif pada uji hidrolisa lemak yang ditandai dengan perubahan warna menjadi hijau mengkilat.

Rebus selama 10 menit. Hal ini menunjukkan bahwa tidak terjadi hidrolisa bila pati pun dapat bereaksi dengan iodium dan menghasilkan warna biru, hal ini dapat terjadi disebabkan oleh karena pati belum terpecah menjadi senyawa sederhana sehingga komponen yang bereaksi sengan iodium adalah pati.

Uji VP positif jika terbentuk warna merah pada media. However, the story is disputed – Gunther Pfieffer notes that it was only recorded in and says it is more likely that the 55 PB was not sufficiently durable to survive until the present day.

Meeting 5. Acid-Base Titration

While the initial cartoon of an adult black bear lassoed by a handler and a disgusted Roosevelt had symbolic overtones, later issues of that and other Berryman cartoons made the bear smaller and cuter. Suatu bakteri yang memiliki enzim hromtimol akan mampu menghidrolisis triptofan mnjadi prodduk-produk metabolik seperti indol, asam piruvat, dan ammonia.

Related Posts  ASHWINI BHATT GUJARATI NOVEL PDF

Help me to find this trayek ph asam basa pdf. Pada peptonisasi susu kasein dihidrolisa oleh enzim renin menjadi parakasein dan pepton-pepton yang terlarut.

Kemampuan menghidrolisa pati diketahui dengan cara memberikan larutan iodium bromtimoll medium yang sudah bromitmol. Bakteri ini akan memecah laktosa menjadi asam laktat. Iod biasanya akan bereaksi dengan pati dan akan berwarna biru. Menjadi parakasein terlarut dan bahan seperti pepton. Dengan enzim katalase, H2O2 diurai dengan reaksi sebagai berikut. Uji Penggunaan sitrat Uji ini bertujuan untuk mengatahui penggunaan sitrat oleh bakteri sebagai salah satu sumber karbon yang digunakan untuk kebutuhan energi.

Hasil pengujian warna terhadap larutan baku yang memiliki pH tertentu, menunjukan pH dimana indikator alami tersebut bekerja. Larutan HCl 0,1M 3 ml. Warna kuning muncul karena adanya fermentasi bakteri terhadap glukosa, sukrosa, ataupun laktosa dalam konsentrasi tinggi sedangkan dalam konsentrasi gula yang rendah hanya nampak warna merah.

Peroksida merupakan senyawa yang sangat berbahaya bagi bakteri karena merupakan gas yang bersifat toksik yang menyebabkan rusaknya sel-sel bakteri. TSIA juga mengandung natrium trisulfat, yaitu suatu substrat untuk penghasil H 2 S, ferro sulfat menghasilkan F e S precipitatbewarna hitam untuk membedakan bakteri H 2 S dengan bakteri-bakterinya Anonim, f.

Titrasi yang didasarkan pada perubahan warnalarutan asam2. Perbenihan indol digunakan untuk melihat kemampuan bakteri mendegradasi asam amino triptofan secara enzimatik. Hasil dari fermentasi pati merupakan hasil dari penggunaan glukosa intraseluler.

birru Hasil uji indol yang diperoleh negatif karena tidak terbentuk lapisan cincin berwarna merah muda pada permukaan biakan, artinya bakteri ini tidak membentuk indol dari tryptopan sebagai sumber karbon, yang dapat diketahui dengan menambahkan larutan kovaks seperti Ehrlich yang megandung para-dimetil- aminobenzaldehida Choirunissa,